.

Empat syarat untuk jadi pemimpin

Di akhirat kelak, seorang pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya di hadapan Allah. Ia akan ditanya tentang segala hal yang dipimpinnya. Dalam konteks politik nasional sebuah negara, tentu saja yang dimaksud pemimpin adalah seorang presiden, atau perdana menteri. Sehingga muncullah sejumlah kriteria, untuk menjadi seorang pemimpin negara.

Sejumlah elemen masyarakat pun terpancing merumuskan berbagai kriteria, bahkan di antara kita, menguras waktu dan pikiran bahkan sampai bertengkar ketika merumuskan syarat kepemimpinan dalam perspektif jender. Namun, jauh sebelum kita merumuskan syarat yang harus dimiliki seorang pemimpin. Sosiolog muslim terkenal, Ibnu Khaldun, dengan ringkas, padat, dan jelas, merumuskan syarat yang harus dimiliki seorang pemimpin.

Empat syarat yang harus dimiliki seorang pemimpin, menurut Ibnu khaldun, ialah: pertama; seorang pemimpin harus berilmu atau memiliki kapasitas intelektual yang memadai. Sebab, seorang pemimpin dibebankan menegakkan hukum Allah. Selain itu, pemimpin harus mampu berijtihad, atau mampu mengambil keputusan tepat di saat kritis. Jika seorang pemimpn hanya bisa bertaklid (mengekor) tanpa sikap kritis, maka itu sesuatu kekurangan.

Kedua, calon pemimpin harus mampu berlaku adil. Sifat adil ini wajib dimiliki seorang pemimpin. Sebab dalam kekuasaan ada hak kelompok yang dipimpin. Menurut Ibnu Khaldun, sifat adil seorang pemimpin berguna untuk menghindari perpecahan antarsesama.

Ketiga, calon pemimpin harus cakap dalam berbagai bidang (alkifayah). Pengertian kifayah adalah mampu menegakkan hukum, memimpin peperangan, bertanggung jawab kepada bawahan, mengenal kelompok-kelompok ashabiyah. Mengenal pula orang-orang cerdas dan potensial dalam wilayah yang bisa dimintakan bantuannya. Kemampuan-kemampuan tersebut, bisa menciptakan kemaslahatan masyarakat.

Keempat, calon pemimpin sebaiknya tidak cacat panca indera dan anggota tubuh. Kelengkapan dan kesempurnaaan alat indera dan anggoa tubuh sangat penting bagi calon pemimpin, karena hal itu akan mempengaruhi keoptimalan hasil kerjanya. Namun yang lebih penting adalah kita harus menyadari bahwa segala sesuatu yang kita inginkan, termasuk menjadi seorang pemimpin dan memilih pemimpin, harus bisa dipertanggungjawabkan di hadapan Allah. Kini, sama-sama kita catat janji-janji calon pemimpin yang saat ini tengah merebut simpati rakyat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori nasihat dengan judul Empat syarat untuk jadi pemimpin. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://usyahya.blogspot.com/2012/02/empat-syarat-untuk-jadi-pemimpin.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Hafiz Muslim -