.

Golongan yang diBENCI

Dalam Alquran ditemukan informasi tentang golongan orang yang dibenci Allah SWT. Mereka dibenci oleh Allah karena sikap dan perilaku yang ditampilkan bertentangan dengan agama dan merugikan lingkungannya.

Pertama, orang yang sombong (mustakbirin). Sikap sombong muncul karena kurangnya iman seseorang kepada Allah dan hari akhirat. Semakin kurang imannya, maka semakin sombong orang tersebut dalam perilakunya sehari-hari. Firman Allah, ''Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa. Maka, orang-orang yang tidak beriman kepada akhirat, hati mereka mengingkari (keesaan Allah), sedangkan mereka sendiri adalah orang-orang yang sombong.'' (QS 40: 76). Adapun perilaku orang sombong dapat diamati dari hadis Nabi, ''Kesombongan adalah menolak kebenaran dan memandang enteng orang lain.'' (HR Muslim).

Kedua, orang yang berlebih-lebihan (musrifin) dalam menggunakan harta dan kekayaan yang dimilikinya. Perilaku berlebihan dalam memanfaatkan nikmat yang diberikan Allah, selain merugikan diri sendiri, juga merupakan wujud tidak mampu bersyukur kepada-Nya. Allah SWT berfirman, ''Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan dikeluarkan zakatnya), dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.'' (QS 6: 141).

Ketiga, orang yang dusta (kadzibin). Dusta merupakan sikap orang munafik. Termasuk dusta adalah janji seseorang untuk menggunakan hartanya pada jalan Allah dan membantu orang lain apabila kaya. Namun, ketika kaya ia lupa akan janjinya. Allah berfirman, ''Dan di antara mereka ada orang yang telah berikrar kepada Allah, 'Sesungguhnya jika Allah memberikan sebagian karunia-Nya kepada kami, pastilah kami akan bersedekah dan pastilah kami termasuk orang-orang yang saleh'. Maka, setelah Allah memberikan kepada mereka sebagian dari karunia-Nya, mereka kikir dengan karunia itu, dan berpaling, dan mereka memanglah orang-orang yang selalu membelakangi (kebenaran). Maka, Allah menimbulkan kemunafikan pada hati mereka sampai kepada waktu mereka menemui Allah, karena mereka telah memungkiri terhadap Allah apa yang telah mereka ikrarkan kepada-Nya dan (juga) karena mereka selalu berdusta.'' (QS 9: 75-77).

Keempat, orang-orang yang berbuat kerusakan (mufsidin) dan melampaui batas. Allah membenci perilaku orang-orang ini, seperti firman-Nya, ''Janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.'' (QS 28: 77).

Allah pun tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas dengan menghalalkan yang haram atau sebaliknya. Allah berfirman, ''Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.'' (QS 5: 87).

Sikap dan perilaku golongan yang dibenci Allah ini harus dijauhi setiap Muslim dari kehidupannya. Sebab, perilaku tersebut dapat merusak dan menghancurkan tatanan kehidupan keluarga, masyarakat, dan bangsa.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori nasihat dengan judul Golongan yang diBENCI. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://usyahya.blogspot.com/2012/02/golongan-yang-dibenci.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Hafiz Muslim -